PT. Indira Dwi Mitra - Fabrikasi boiler dan thermal oil heater Indonesia

Auxiliary Boiler on Ships – Marine Engineering

jasa service boiler kapal

Spesifikasi Boiler kapal tanker – Boiler marine barge

Di kapal-kapal tangker untuk menunjang kelancaran pelayanan dan pelayaran dibutuhkan pesawat-pesawat bantu di antaranya adalah auxiliary boiler di mana berfungsi sebagai penghasil uap panas yang akan di gunakan untuk memanaskan muatan, memompa keluar muatan, memanaskan bahan bakar, sebagai pengontrol suhu udara bila kita berlayar di daerah dingin dan di gunakan untuk keperluan lainnya. sehingga boiler mengalami gangguan atau mengalami kerusakan.
Adalah suatu kenyataan bahwa sampai saat ini masih banyak kapal-kapal yang menggunakan instalasi tenaga uap, baik itu instalasi induk maupun untuk penggunaan pesawat bantu. Di kapal tanker uap hasil dari boiler tersebut biasanya di gunakan sebagai pemanas, baik pemanas bahan bakar, pemanas ruangan, pemanas air, pemanas cara ataupun untuk keperluan yang lain sehingga operasional kapal dapat berjalan lancar.

economizer gas buang engine kapal

Boiler atau boleh juga kita sebut juga dengan ketel uap adalah sebuah bejana tertutup yang dapat membentuk uap dengan tekanan lebih besar dari sari atmosfer dengan jalan memanaskan air boiler yang berada di dalamnya dengan gas-gas panas dari hasil pembakaran bahan bakar. Sebuah boiler atau ketel uap harus di lengkapi paralatan dapat membantu kinerjanya sehingga operasional boiler berjalan dengan aman. Boiler atau ketel uap harus mempunyai persyaratan sebagai berikut :

1. Dapat menghasilkan uap dengan berat tertentu dalam waktu tertentu pula, dan tekanannya lebih besar dari satu atmosfer.
2. Kadar air yang di hasilkan pada uap panas harus sedikit mungkit.
3. Uap harus di bentuk dengan jumblah bahan bakar sehemat mungkin.
4. Jika pemakaian uap berubah-ubah, maka tekanan uap tidak boleh berubah banyak

heat transfer oil

The vertical two drum water tube boiler used normally on ships is top-fired and equipped with a steam atomising burner. As the burner, the local control panel and all relevant boiler mountings are mounted on top of the boiler, this can easily be operated and monitored from the burner platform.

The principal drawing of a typical auxiliary boiler is shown in figure below. The steam drum is cylindrical with two flat plates of equal thickness. Because of the internal pressure, the flat plates are mutually connected by vertical solid stays. The steam drum is furnished with the necessary internal fittings to ensure an even distribution of the feed water, of the circulation water from the exhaust boiler and to ensure a sufficient dryness of steam.

error: Content is protected !!