PT. Indira Dwi Mitra - Fabrikasi boiler dan thermal oil heater Indonesia

Jual boiler Fuel Gas

17 May

Jual boiler Fuel Gas

BOILER BAHAN BAKAR GAS (Natural Gas)

Bahan Bakar Gas Alam
Bahan bakar gas merupakan bahan bakar yang sangat memuaskan sebab hanya memerlukan sedikit handling dan sistem burner-nya sangat sederhana dan hampir bebas perawatan. Gas dikirimkan melalui jaringan pipa distribusi sehingga cocok untuk wilayah yang berpopulasi atau padat industri.
Karena hampir semua peralatan pembakaran gas tidak menggunakan kandungan panas dari uap air, maka perhatian terhadap nilai kalor kotor (GCV) menjadi kurang. Bahan bakar harus dibandingkan nilai kalor netto (NCV). Hal ini benar terutama untuk gas alam, dimana kandungan hidrogen akan meningkat tinggi karena adanya reaksi pembentukan air selama pembakaran. Sifat – sifat fisik dan kimia berbagai bahan bakar gas di berikan dalam tabel 3.2.

– Gaseous Fuel
Tipe boiler bahan bakar gas memiliki karakteristik : harga bahan baku pembakaran paling murah dibandingkan dengan semua tipe boiler. Nilai effisiensi dari tipe ini lebih baik jika dibandingkan dengan semua tipe boiler berdasarkan bahan bakar.

Cara kerja : pembakaran yang terjadi akibat percampuran bahan bakar gas (LNG) dengan oksigen dan sumber panas yang sangat sempurna.

Kelebihan Boiler gas

Heater berbahan bakar gas adalah pilihan tepat bagi para pelaku industri karena kondisi di sekitar kettle akan selalu bersih, baik lingkungan di ruang evaporator ataupun lingkungan sekitarnya. Hal ini dikarenakan emisi gas buang dari ceroboong asap tidak mengeluarkan asap yang bisa mencemari lingkungan, dikarenakan pembakaran yang sempurna. Untuk referensi kami mengenai pen jual burner riello

Selain bersih, faktor ketersediaan suplai bahan bakar gas semakin meningkat, berupa line pipa gas negara (LNG) yang sudah tersebar luas, ataupun berupa tabung – tabung gas berbentuk CNG (Compress Natural Gas) untuk industry yang sudah tersebar luas, baik yang disediakan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta.

Selain itu, alat mesin berbahan bakar gas lebih murah, sehingga dapat memangkas anggaran oprasional. Bahan bakar adalah salah satu sumber pengeluaran besar bagi

perusahaan. Hal ini bisa diperhitungkan dari jumlah kalori yang diperlukan heater dikalikan dengan lama oprasional kettle tiap jamnya, lalu dikalikan stick kerja efektif oprasional dalam sehari, setelah itu kita bisa mengetahui spending client yang harus dikeluarkan setiap hari, minggu, setiap bulan bahkan pertahunnya. Perbandingan perbedaan jumlah pengeluaran akan sangat terasa jika sudah diperhitungkan selama setahun.

Adapun perbandingan boiler dengan bahan bakar selin gas yaitu:

– Solid Fuel

Tipe boiler bahan bakar padat memiliki karakteristik : harga bahan baku pembakaran relatif lebih murah dibandingkan dengan boiler yang menggunakan bahan bakar cair dan listrik. Nilai effisiensi dari tipe ini lebih baik jika dibandingkan dengan boiler tipe listrik.

Cara kerja : pemanasan yang terjadi akibat pembakaran antara percampuran bahan bakar padat (batu bara, baggase, rejected product, sampah kota, kayu) dengan oksigen dan sumber panas

– Oil Fuel
Tipe boiler bahan bakar cair memiliki karakteristik : harga bahan baku pembakaran paling mahal dibandingkan dengan semua tipe. Nilai effisiensi dari tipe ini lebih baik jika dbandingkan dengan boiler bahan bakar padat dan listrik. jual burner weishaupt

Cara kerja : pemanasan yang terjadi akibat pembakaran antara percampuran bahan bakar cair (solar, IDO, residu, kerosin) dengan oksigen dan sumber panas.

– Electric
Tipe boiler listrik memiliki karakteristik : harga bahan baku pemanasan relatif lebih murah dibandingkan dengan boiler yang menggunakan bahan bakar cair. Nilai effisiensi dari tipe ini paling rendah jika dbandingkan dengan semua tipe boiler berdasarkan bahan bakarnya.

Cara kerja : pemanasan yang terjadi akibat sumber listrik yang menyuplai sumber panas.

Keuntungan dan kerugian boiler berdasarkan bahan bakar

No. Tipe Boiler Keuntungan Kerugian
1 Solid Fuel Bahan baku mudah didapatkan. Sisa pembakaran sulit dibersihkan
    Murah konstruksinya. Sulit mendapatkan bahan baku yang baik.
2 Oil Fuel Sisa pembakaran tidak banyak dan lebih mudah dibersihkan. Harga bahan baku paling mahal.
    Bahan bakunya mudah didapatkan. Mahal konstruksinya.
3 Gaseous Fuel Harga bahan bakar paling murah. Mahal konstruksinya.
    Paling baik nilai effisiensinya. Sulit didapatkan bahan bakunya, harus ada jalur distribusi.
4 Electric Paling mudah perawatannya. Paling buruk nilai effisiensinya.
    Mudah konstruksinya dan mudah didapatkan sumbernya. Temperatur pembakaran paling rendah.

Tabel.Perbandingan Komposisi Kimia berbagai bahan bakar

  Bahan Bakar Minyak Batubara Gas Alam
Karbon 84 41,11 74
Hidrogen 12 2,76 25
Sulfur 3 0,41
Oksigen 1 9,89 Sedikit
Nitrogen Sedikit 1,22 0,75
Abu Sedikit 38,63
Air Sedikit 5,98

 

Write a Reply or Comment

error: Content is protected !!